Rabu, 06 April 2011

Mahasiswa "Bule" Itu Bikin Tas Plastik

Ketika Anda belajar tentang sesuatu yang baru, mudah merasa kewalahan oleh jumlah informasi relevan yang tersedia. Artikel informatif akan membantu Anda berfokus pada titik sentral.
SABRINA asal Perancis yang belajar di Pusat Bahasa dan Kebudayaan Universitas Jember dengan tekun memperhatikan praktek cara membuat tas dan dompet berbahan baku plastik bekas. Nana, panggilan akrab Sabrina belajar membuat kerajinan tangan tas dan dompet di rumah Ny Tutuk Kurnia warga Lingkungan Sumberdandang kelurahan Kebonsari Kecamatan Sumbersari, Jember, Sabtu (26/3/2011).

Siswa yang belajar kerajinan itu bukan hanya Sabrina, tapi juga delapan siswa asal luar negeri lainnya. Mereka sangat antusias dan memperhatikan apa yang disampaikan oleh para instruktur, Ny Tutuk dan Ny Parulian.

Keinginan untuk berkreasi membuat tikar, tas dan dompet dari bahan bekas sangat tinggi. Mereka adalah peserta program Darma Siswa Universitas Jember dan belajar di pusat bahasa dan kebudayaan Universitas Jember selama setahun.

Sembilan orang itu berasal dari Perancis, Thailand, Laos, Polandia, Estonia, dan Madagaskar. Selain itu, masih ada peserta program Karya Siswa jumlahnya 17 orang, berasal Madagaskar, Kamboja, Timor Leste dan Laos.

"Setelah setahun belajar di pusat bahasa Unej, peserta program karya siswa bisa melanjutkan ke fakultas yang dituju di Unej," kata Putu Sukma Antara, dosen pembimbing dari Pusat Bahasa dan Kebudayaan Unej.

Sebelumnya, mereka sudah mendapat pelatihan membatik dari seorang pengusaha batik di Jember. Kegiatan yang dilakukan ini merupakan bagian dari pengenalan budaya masyarakat lokal kepada mereka.

Kegiatan PKK

Pengetahuan dapat memberikan keuntungan yang nyata. Untuk memastikan Anda mendapat informasi tentang Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah, terus membaca.

Pelajar asing itu menyukai pelatihan keteramplian dan berjanji akan memanfaatkan keterampilannya setelah kembali ke negaranya. Ini juga merupakan bagian dari kreativitas, inovasi dan oleh-oleh selama belajar di pusat bahasa Unej.

"Awalnya, kami menawarkan pelatihan kepada Unej agar mereka tertarik menbuat tas dan dompet dari bahan plastik bekas. Motifnya sangat menarik seperti batik, bila dilihat dari jauh," kata Parulian dari Komunitas Perempuan Jember.

Ketrampilan yang diberikan kepada siswa asing ini bagian dari kegiatan keseharian ibu PKK yang berkelompok sebanyak 15-20 orang. Mereka murni ibu rumah tangga yang tidak memiliki kegiatan apa-apa, selain memasak di dapur.

"Usai memasak mereka menganggur, dan para penganggur ini kemudian dilatih membuat tas plastik dari bahan bekas. Kami membina dua kelompok ibu rumah tangga, satu di di Kelurahan Kebonsari, satu kelompok lagi di Desa Kalisat Kecamatan Kalisat," kata Parulian.

Setiap bulan kelompok kota mampu memproduksi sekitar 40-50 unit tas dan dompet, harga jual bervariasi antara Rp 20.000 - Rp 40.000 per-unit. Hasilnya lumayan sekitar Rp 250.000 per-orang dan bisa menambah uang belanja agar dapur terus mengepul.

Bahan baku berupa bungkus bekas mie instant, permen, snack dan bungkus dari pembalut wanita didapat dari pemulung. Bungkus plastik bekas itu harus dicuci bersih dulu supaya mudah lentur dan bekas minyaknya hilang, lalu dijemur.

Tiap bungkus bekas yang sudah bersih itu dipotong sesuai ukuran yang sudah tersedia. Ada yang ukurannya 7 x 14 cm, 6 x 10 cm dan 6 x 12 cm. "Besar-kecilnya anyaman tergantung selera pembuatanya," kata Parulian.

Banyak permintaan tas, tikar dan dompet asal bungkus bekas, karena warnya sangat menarik. Apalagi, kalau dipakai untuk pergi pada malam hari, dan dari kejauhan motif tas dan dompet seperti batik. Apalagi ditambah asesori berupa bunga pada pegangan, sungguh sangat menawan.

Pesanan datang bertubi-tubi dari Bondowoso, Banyuwangi, dan daerah sekitar, tapi tak mampu melayani karena bahan baku plastik bekas terbatas, kata Ny Tutuk Kurnia. 

Jangan membatasi diri Anda sendiri dengan menolak untuk mempelajari rincian tentang Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah. Semakin banyak Anda tahu, semakin mudah akan fokus pada apa yang penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar