JAKARTA, KOMPAS.com - Minimnya sarana transportasi massal di Indonesia, membuat kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil-menjadi pilihan utama masyarakat. Malah sepeda motor menjadi idola karena harganya terjangkau, praktis dan biaya operasional yang murah. Faktor tersebutlah yang menyebabkan keluarga di Indonesia "wajib" punya sepeda motor. Menurut data Kementerian Perhubungan, 72 persen keluarga memilih sepeda motor untuk transportasi utama. Setiap 1.000 penduduk di Indonesia terdapat 210 motor atau berskala 4,7: 1. "Pada 2002 kepemilikan sepeda motor masih sedikit. Lebih banyak keluarga tidak punya sepeda motor. Presentasenya sampai 67 persen. Namun tahun lalu (2010) berubah drastis, hanya 28 persen keluarga yang tidak punya sepeda motor," ujar Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono di sela peluncuran buku "Hiruk-Pikuk Bersepeda Motor" di Menara Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, hari ini (12/1/2011). It seems like new information is discovered about something every day. And the topic of mobil keluarga ideal terbaik indonesia is no exception. Keep reading to get more fresh news about mobil keluarga ideal terbaik indonesia.
Paulus Sugih Firmanto, General Manager Promotion and Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) menambahkan, saat ini terjadi pergeseran pengguna sepeda motor baik dari prilaku, usia sampai mekanisme regulasinya. Sekarang ini, jelasnya, usia pengendara motor makin bergeser ke usia lebih dini, yaitu 13-15 tahun.. "Sekarang bikin SIM tak sesulit dulu. Banyak anak belum cukup umur sudah menggunakkan motor. Bahkan saat ini tren-nya beli motor dulu baru belajar. Dulu kebalikannya! Budaya ini yang sudah bergeser," ujar Paulus. Peningkatan kepemilikan sepeda motor di Indonesia terus terjadi seiring membaiknya tingkat ekonomi. Penjualan sepeda motor terus tumbuh, tahun lalu mencapai 7,3 juta unit. Bambang menambahkan, presentase keluarga pemilik sepeda motor lebih dari satu di Indonesia juga bertambah 3 persen pada 2010 menjadi 17 persen. Tercatat pula 84 persen keluarga pengguna mobil juga mempunyai sepeda motor. "Ini bukti sepeda motor adalah kendaraan alternatif yang menjadi pilihan semua," tukasnya. Sampai kini, diprediksi populasi kuda besi di seluruh Indonesia mencapai 47 juta unit dan 9,5 juta mobil . Di Jakarta saja, tercatat 11 juta kendaraan bermotor, 9 juta adalah sepeda motor.
Paulus Sugih Firmanto, General Manager Promotion and Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) menambahkan, saat ini terjadi pergeseran pengguna sepeda motor baik dari prilaku, usia sampai mekanisme regulasinya. Sekarang ini, jelasnya, usia pengendara motor makin bergeser ke usia lebih dini, yaitu 13-15 tahun.. "Sekarang bikin SIM tak sesulit dulu. Banyak anak belum cukup umur sudah menggunakkan motor. Bahkan saat ini tren-nya beli motor dulu baru belajar. Dulu kebalikannya! Budaya ini yang sudah bergeser," ujar Paulus. Peningkatan kepemilikan sepeda motor di Indonesia terus terjadi seiring membaiknya tingkat ekonomi. Penjualan sepeda motor terus tumbuh, tahun lalu mencapai 7,3 juta unit. Bambang menambahkan, presentase keluarga pemilik sepeda motor lebih dari satu di Indonesia juga bertambah 3 persen pada 2010 menjadi 17 persen. Tercatat pula 84 persen keluarga pengguna mobil juga mempunyai sepeda motor. "Ini bukti sepeda motor adalah kendaraan alternatif yang menjadi pilihan semua," tukasnya. Sampai kini, diprediksi populasi kuda besi di seluruh Indonesia mencapai 47 juta unit dan 9,5 juta mobil . Di Jakarta saja, tercatat 11 juta kendaraan bermotor, 9 juta adalah sepeda motor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar