Kamis, 04 Agustus 2011

Utang AS Hampir Mustahil Terbayar 1

Ketika Anda belajar tentang sesuatu yang baru, mudah merasa kewalahan oleh jumlah informasi relevan yang tersedia. Artikel informatif akan membantu Anda berfokus pada titik sentral.
 Oleh Simon Saragih

KOMPAS.com " Utang mencapai 14,3 triliun dollar AS, bagaimana membayarnya? MungkinPresiden Barack Obama pun tak bisa menjawabnya.

Bayangkan, utang itusudah setara dengan 100 persen dari produksi domestik bruto (PDB) AS selamasetahun. PDB setara dengan pendapatan. Artinya, jika ingin melunasi utang itu dalam setahun, AS tidakmakan dan minum alias mati suri saja selama setahun. Ini baru bisabikin utang lunas.

Kadang-kadang aspek yang paling penting dari subjek tidak segera jelas. Jauhkan membaca untuk mendapatkan gambaran yang lengkap.

Namun, opsi ini tidak mungkin terjadi. Lalu, bisakah utang itu dibayar dari hasil pertumbuhan ekonomi? Ini pun tidakmungkin.

Bayangkan, pertumbuhan ekonomi AS maksimal hanya 1 persensetahun sekarang ini, bahkan dalam setahun terakhir diperkirakan hanyatumbuh 0,4 persen.

Ambil saja contoh, pertumbuhan ekonomi AS setahun 1 persen. Artinya,ada pertumbuhan pendapatan sebesar 143 miliar dollar AS. Jika pertumbuhan pendapatan AS hanya sebesarini, dan andaikan dipakai membayar utang setiaptahun, diperlukan 100 tahun agar utang AS terbayar. Ini dengan asumsi utang AS tidak bertambah, tetapi tetap 14,3 triliun dollarAS. Ini pun tidak mungkin terjadi.

Bayangkan, televisi CNN memperkirakanutang AS segera melejit ke level 20 triliun karenaAS memerlukan lagibanyak biaya untuk membayar bunga utang, membayar jaminan sosial warga lansia,dan lain-lain. Seharusnya utang bisa dibayar dari pajak. Namun, ini amat ditentang olehPartai Republik yang antipajak.

"Sikap menentang kenaikan pajak yangmembuat Republik meraih suara dalam pemilu pertengahan tahun lalu," katakonsultan Partai Republik, Jim Dyke.

Tidak ada salahnya untuk baik-informasi yang terakhir pada
. Bandingkan apa yang telah Anda pelajari di sini ke artikel masa depan sehingga Anda dapat tetap waspada terhadap perubahan di bidang
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar